Simulasi Anggaran Lebaran Sederhana dengan Pinjaman Online 6 Juta

Momen bulan Puasa sebentar lagi tiba. Apa kamu sudah menyiapkan dana buat momen Lebaran? Ada yang sudah, ada pula yang belum. Kemungkinan yang belum itu karena uang mau dipakai untuk keperluan lain. Kenapa tidak ambil pinjaman online saja? Kira-kira 6 juta Rupiah itu sudah cukup andaikan kamu tinggal di Jawa. Begini simulasinya.

Anggaran Lebaran Sederhana

Jelang Perjalanan Mudik
Katakanlah kamu berasal dari Kebumen dan merantau ke Jakarta. Di sana kamu bekerja sebagai pegawai supermarket dengan gaji bulanan sekitar 2 juta Rupiah. Setiap bulannya, uang kamu dikirim sebagian ke kampung untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Sebagian kecilnya dipakai untuk bertahan hidup di Jakarta.

Praktis penghasilanmu yang masuk kantong saat di Jakarta minim. Dengan pinjam uang 6 juta Rupiah, kamu masih bisa membawakan oleh-oleh ketika mudik. Siapa tahu kamu mau memberi buah tangan yang istimewa untuk istri. Kan momen Lebaran hanya sekali dalam setahun. Kira-kira uang satu juta cukup untuk biaya mudik dan beli oleh-oleh.

Rencana untuk Berkunjung ke Rumah Mertua
Sudah menjadi kebiasaan kalau momen Lebaran itu diisi dengan agenda kumpul bersama keluarga. Lebaran pertama, kedua, dan ketiga kalau di Jawa itu masih berada di daerah sendiri. Kalau mertuamu berada di luar kota, setidaknya kamu wajib ke sana saat Lebaran. Mungkin ibu dan bapak juga mau ikut.

Ada baiknya menyewa shuttle untuk kebutuhan keluarga. Katakanlah mertuamu ada di Semarang. Biaya shuttle sekitar 800 ribu Rupiah. Itu sudah termasuk fasilitas berupa AC, televisi, dan lain-lain. Soalnya kalau pakai bus biasa nanti lama menunggu. Sedangkan momen berkumpul di rumah mertua itu sangat penting.

Rencana untuk Mengisi Lebaran dengan Liburan Keluarga
Jadi, sisa uang dari pinjaman online masih 4,2 juta Rupiah. Sedangkan durasi liburanmu katakanlah tinggal 2 hari. Maka sisihkan uang yang 200 ribu Rupiah itu. Sedangkan yang 4 juta Rupiah bisa dipakai untuk jalan-jalan. Berhubung kamu warga Kebumen, pilih lokasi wisata yang dekat saja. Apakah mau ke wisata di Kebumen atau di Yogyakarta?

Liburan selama 2 hari 1 malam di Yogyakarta bersama keluarga kiranya cukup 4 juta. Soalnya di sana juga banyak hotel atau penginapan yang biaya inap per malamnya kurang dari 100 ribu Rupiah. Bahkan bisa jadi uang 4 juta itu masih sisa, walaupun sudah dipakai untuk jalan-jalan dan membeli berbagai oleh-oleh selama liburan.

Perihal Kebutuhan Mendesak dan Lain-Lain
Kadang-kadang, apa yang sudah direncanakan itu tidak sesuai dengan kenyataan yang dialami. Dari awal kan kita sudah memperhitungkan biaya selama Lebaran dengan dana hasil pinjaman itu. Rupanya ketika mau berangkat, ada kebutuhan mendesak. Misalnya anak sakit, ada undangan pernikahan dari teman, dan lain-lain.

Khusus untuk kebutuhan mendesak yang bersifat menyedihkan semoga tidak terjadi padamu. Untuk itu, selama momen liburan ke Yogyakarta, lebih baik kamu sisakan uangnya. Buat jaga-jaga kalau memang ada hal-hal mendesak itu. Kalau terpaksa tidak bersisa, ambil saja sebagian uang yang sudah ditransfer ke kampung tempo lalu. Sedikit kan tak apa.

Tips Selama Menggunakan Dana Pinjaman Online
Pada kasus di atas, dana pinjaman digunakan sebagai pemenuhan atas kebutuhan primer. Konsekuensinya, ketika merantau lagi, wajib menghemat pengeluaran tiap bulan. Kemudian, apa pun yang terjadi, tidak boleh ada istilah “gali lubang tutup lubang”. Nanti kamu akan repot sendiri ketika mencicil pinjaman dengan pinjaman yang lain.

Di manakah tempat terbaik untuk mengambil pinjaman online? Mungkin bisa dicoba ke KTA Tunaiku. Sebelum perusahaan fintech menggejala, Tunaiku sudah berdiri. Sampai sekarang, pelayanan dari Tunaiku sangat memuaskan. Walaupun banyak yang mengambil pinjaman, kebijakan tentang konfirmasi atas permohonan pinjaman tetap kurang dari 24 jam.

Related Posts

Simulasi Anggaran Lebaran Sederhana dengan Pinjaman Online 6 Juta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini