Biar Gak Malu, Pastikan Anda Mengecek Beberapa Hal Ini Sebelum Masuk Jalur GTO

Bagi Anda atau siapa saja pengguna kartu e-Toll, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memasuki jalur jol. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak, bisa saja nanti mobilisasi Anda terganggu dan bahkan Anda juga merasakan malu ketika berada di gerbang tol. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan beberapa hal berikut ini.

Jalur GTO

Pertama, pastikan Anda memiliki e-money yang resmi dikeluarkan oleh Bank Mandiri atau pihak lain yang bekerja sama dalam menerbitkan e-money. Cara memastikannya cukup mudah, Anda bisa melihat gambar kartu tersebut pada gerbang tol. Jadi, jika kartu yang Anda punya tidak termasuk salah satu dari gambar yang tersedia, berarti itu tidak bisa digunakan.

Kedua, pastikan juga bahwa saldo yang ada di e-money Anda cukup. Dengan kata lain, jika saldonya dirasa tidak cukup, maka jangan lupa di top up (isi ulang) dahulu.

Kemudian, ketika Anda akan memasuki gerbang tol, maka Anda tidak perlu lagi mengambil kartu tol yang seperti biasa dilakukan pada umumnya, tapi cukup dengan menempelkan kartu e-money yang Anda punya pada area bertuliskan “tempel disini”.

Selanjutnya, pastikan juga bahwa Anda tidak terburu-buru dalam melepaskan kartu e-money. Kenapa? Ya, Anda butuh sekitar beberapa detik agar mesin tersebut bisa membaca nominal saldo yang ada di kartu tersebut dengan baik.
Setelah itu, jika di layar sudah terbaca nominal saldo yang ada di kartu, serta jumlah saldo yang Anda punya dirasa cukup, maka otomatis gerbang tol akan terbuka sehingga Anda bisa melanjutkan perjalanan.

Namun, bagaimana jika saldo Anda tidak cukup? Tentu saja, Anda akan merasa malu karena berhasil menjadi pusat perhatian banyak orang. Itulah mengapa persiapan itu selalu dibutuhkan. Lalu bagaimana solusinya?

Anda tinggal tarik kembali kartu tersebut, maka gerbang tol pun akan tertutup kembali, serta kartu e-Toll akan keluar dari mesin. Anda pun bisa mengambil kembali kartu tersebut. Setelah itu? Bersiap-siaplah untuk merepotkan banyak orang. Kenapa? Ya, Anda harus mundur (memutar balik) dan pindah ke gerbang yang tidak bertuliskan GTO.

Okelah kalau antreannya sedikit dan pendek, tapi bagaimana jika terjadi antrean yang panjang? Selain repot dan menghabiskan banyak waktu, tentunya itu juga bisa menyusahkan orang lain. Biasanya, kejadian seperti ini sering terjadi pada para pemula. Itulah pentingnya mengetahui sesuatu sebelum melakukan, begitu juga dengan persiapan yang matang.

Well, meskipun manfaat yang didapatkan dari e-money dan GTO sangat banyak, seperti transaksi lebih cepat saat di gerbang tol, menghindari uang palsu, dan menghindari kesalahan uang kembalian, namun Anda juga perlu memperhatikan hal-hal lainnya seperti yang dijelaskan di atas. Jika tidak, bisa saja mobilisasi Anda terhambat dan mungkin merasa malu.

Related Posts

Biar Gak Malu, Pastikan Anda Mengecek Beberapa Hal Ini Sebelum Masuk Jalur GTO
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Untuk mendapatkan Artikel terbaru, masukkan alamat Email Anda di sini